Jumat, 26 Desember 2008

NOKEN AS RACING

Mengapa Modifikasi Kem begitu penting adalah dikarenakan Kem/Camshaft/Noken As bekerja mirip jantung manusia yang mengatur pernafasan untuk meghasilkan tenaga. Bagaimana noken as mempengaruhi buka-tutup klep in maupun Ex untuk menghasilkan nafas yang lebih panjang sehingga top speed mampu bertambah
.


Intake Terbuka – Kapan dan Kenapa- Pada Street Racing Camshaft
Didalam s
ilinder dan diagram buka klep (gambar 1) perhatikan bahwa klep mulai terbuka 30°, sebelum TMA atau sebelum piston benar-benar memulai siklus hisap. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi bukaan klep yang lebih dulu sehingga saat Piston berada di TMA klep In sudah terangkat dari dudukannya untuk mempersiapkan siklus hisap.












EXHAUST MENUTUP – KAPAN DAN MENGAPA
Saat piston mencapai dan melewati TMA, klep Ex masih sedikit terbuka dan perlahan menutup. Gas sisas pembakaran dalam pipa header knalpot mengandung banyak kolom inersia. Pada putaran mesin tinggi, fenomena pembilasan terjadi saat header secara alamiah membantu menghisap muatan di dalam porting In meski hanya sesaat pada overlap. Pada 30° setelah TMA klep Ex benar-benar tertutup.



INTAKE MENUTUP – KAPAN DAN MENGAPA Siklus hisap berlanjut saat piston bergerak turun, menyebarkan udara/bahan-bakar ke dalam silinder, hingga mencapi TMB dan mulai lagi bergerak naik untuk memulai siklus kompresi. Jika Klep In terlalu dini menutup pada saat TMB maka banyak kerugian tenaga pada kecepatan tinggi dikarenakan ternyata energy kinetis dari gerak naik-turun piston menyebabkan udara/bahan-bakar masih mampu mengalir masuk meski piston sudah bergerak naik. Pada 70 derajat setelah TMB klep In tertutup dan mengakhiri siklus Hisap (gambar 3). Durasi dari langkah hisap dapat dihitung dari mulai dia membuka 30° sebelum TMA + 180° hingga TMB + 70° setelah TMB sehingga diperoleh total 280 derajat mesin.

EXHAUST TERBUKA – KAPAN DAN MENGAPA
Piston terus bergerak naik hingga menyelesaikan siklus kompresi dan udara/bahan bakar dipadatkan hingga menjadi 10% dari volume saat terhisap. Sesaat sebelum menyentuh TMA busi menyala menjalar keseluruh padatan udara/bahan-bakar. Saat piston mencapai TMA terjadi ledakan yang menghasilkan “Langkah Tenaga” dan mendorong piston turun kembali. 70 derajat kruk as sebelum piston pada TMB klep Ex membuka untuk memulai langkah buang sebelum langkah tenaga benar-benar selesai. Hal ini seakan terjadi kehilangan tenaga karena sebagian gas terbuang oleh tekanan negatif mereka sendiri, sehingga mengurangi kekuatan mesin untuk mengayunkan piston bergerak naik kembali. Namun proses ini penting untuk mensegerakan membuang gas sisa pembakaran.

EXHAUST MENUTUP – KAPAN DAN MENGAPA
Piston bergerak naik untuk melanjutkan langkah buang. Pada 30o setelah mencapai TMA maka klep Ex kembali tertutup. Total klep Ex terbuka adalah 70° sebelum TMB + 180 hingga TMA + 30 Setelah TMA menghasilkan 280 derajat (gambar 5). Proses siklus mesin 4-Tak berakhir.





ORDER YOUR RACING CAM NOW!
Untuk pemakaian harian street racing cam Rp.150.000 atau Rp.50.000 untuk ongkos pengerjaan saja.
Untuk pemakain Semi-Race cam Rp.300.000
Untuk Full-RACE or Drag Race cam ataupun Custom Order Rp.500.000

Custom order mohon menyampaikan Intake Duration , Exhaust Duration , LSA, Lift Cam yang diinginkan.

Contact Person : 085645577007

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, boleh minta spesifikasi cam yang di bawah ini:
Street racing
Semi-Race
Full-RACE
Drag Race
Berapa durasi-nya dan lift maksimumnya, Terimakasih...

salam,
bengkelsepedamotor
http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/

Unknown mengatakan...

Hallo mas jumpa lagi sama saya mico dimedan mau tanya nih tolong dong mas data speksifikasi mesin untuk mesin balap liar

laluwirahadinata mengatakan...

halo mas,boleh gak minta skema noken as racing buat motor smash..